15 Juli 2008

about_regulation

“Hari ini gue musti ke sana, ke sini, ke situ...”

”Oya, ntar jam segini gue mau ke sana, trus abis itu gue mau ke sini untuk itu.”

”Kalo mau kayak gitu, musti begini, begitu, terus jangan lupa dibeginiin.”

Bla bla bla...

 

Ya, itu semua cuma perkataan yang mungkin manjadikan adanya sebuah KETERATURAN. Yup... seperti yang gue bilang, gue mau sedikit membahas soal ini. Hehehe...

 

Hidup gue sendiri sebenernya selalu penuh dengan hal itu (goshwhy should I be like this??). Ya, dimulai dari bangun tidur sampe sebelum gue tidur, gue selalu uda terbiasa dengan hal itu. Yah, untungnya she gak parah2 amat. Tapi, kadang membuat gue merasa sangat tertekan sendiri seh. Hahaha...

 

Iya lah (masa iya donk... *next*), coba aja lu bayangin ketika bangun tidur, yang ada di pikiran lu adalah: hm... sekarang nanti gue mau sikat gigi, mandi, pake baju, terus makan, terus ntar pulang dulu, dsb... Belum lagi, ketika mandi (misalnya): gue pake sabun muka dulu, pake shampoo, sabun... hm... mau buang air dulu deh...

 

Sekali-dua kali seh gak apa2 kali ya, tapi kalo uda terus dilakukan setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik (leby lagi neh... hahaha)? Gak kuat juga seh, agak tertekan. Tapi, kadang ngerasa enak juga karena uda ada aturan2nya.

 

Keteraturan itu kadang membuat kita menjadi tertekan karena seolah2 itu menjadi batasan pada diri kita, padahal... yang menjadi pertanyaannya, apakah hal itu emank menjadi batasan hidup kita? Hm... silakan dijawab deh.

 

OK, itu hal yang paling kecil. Tapi coba bayangkan ketika hal itu uda menjadi sebuah kebiasaan besar? Ada istilahnya (gue lupa2 inget seh...), OCD kalo gak salah, Ompulsive Compulsive Disorder (bener gak seh??). Haiah... gak bisa bayangin deh kalo ampe kayak gitu. Seseorang yang harus mengerjakan segal sesuatunya dengan aturan2 yang dia buat sendiri. Kan jadi seolah2 mempersulit dirinya sendiri. Meskipun, gak juga seh... secara gak langsung hidupnya pasti jadi lebih tertata dengan baik.

 

Well, api teratur ato gak teraturnya seseorang, masalah itu tetap aja dateng, cuma sumbernya aja yang kadang beda, bukan mengenai keteraturan. Hahaha...

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Woi!! Haduh mas...mau S2 di Psiko jangan salah nyebut OCD dong...yah emang sih lu S1 bukan Psiko, tapi dengan temen-temen lu yang mostly anak Psiko, lu 'kan mestinya udah setengah Psiko (oopss...kok kesannya lu jadi stengah gila ya hahaha)...jadi OCD itu adalah OBSESSIVE Compulsive Disorder...bener 1 out of 3 lah.

Emang tersiksa sekali kalo kena OCD...tapi bagaimana kalo obsessive compulsive personality? Jadi kepribadiannya yang begitu...kayak gue hahaha

Enggak parah sih, tapi beneran deh, gue paling gak tahan ngeliat ada barang yang gak simetri, atau barang yang miring. Terus kalo nyusun sesuatu itu harus orderly...kalo gak menurut judul, yah menurut genre, or menurut nama...whatever it is harus orderly.

Untungnya...gak parah :)

But hey..it's me!!

Ditogendut mengatakan...

Lagipula salah satu ciri dari OCD adalah, orang yang memiliki OCD tidak bisa menahan diri untuk melakukan satu proses yang sama secara berulang-ulang sampai dia merasa puas.

Dalam proses mengulang-ulang itu, dia tidak akan ragu untuk menghancurkan apa yang yang sudah terbentuk untuk kemudian disusun lagi dari awal.

Contoh paling gampang ya gue ini. Rasanya nggak tahan untuk mengulang-ulang bikin blog di berbagai tempat dengan isi yang sama. Hahaha...

Sekarang sih nggak terlalu menyiksa, karena udah pakai fastnet, jadi nggak kuatir tagihan telpon meledak, tapi dulu waktu masih pake telkomnet, rasanya nyiksa banget. Gue sadar kalo tagihan telpon bisa mbeledug, tapi gue nggak bisa menahan diri untuk membuat blog yang baru. Hahaha...

Nggak tahu kenapa, tapi sepertinya orang OCD emang lebih menitikberatkan pada proses daripada hasil akhir.

Untung aja OCD gue bisa gue kontrol. Coba kalo nggak, bisa-bisa nggak lulus-lulus dari kuliah karena terobsesi untuk mendapatkan nilai A dari tiap mata kuliah. Hancurlah segalanya.

Tapi kalo cuman urutan dari sebuah kegiatan rutin yang cuman lo lakuin sekali setiap hari, gue rasa itu belum OCD. Cuman kebiasaan aja.

Kecuali kalo lo pake baju aja harus berulang-ulang. Kemeja udah dikancing, tapi trus lo lepas lagi untuk kemudian lo pake lagi, kancingin lagi, dilepas lagi, dipake lagi, dikancingin lagi, terus seperti itu n lo nggak bisa mengendalikan diri untuk menyetop diri lo sendiri. Nah itu baru namanya OCD. Hahaha...

mine mengatakan...

Hahaha... maap, buuu... emank gue kan selalu setengah2... makanya gue juga nanya bener ato gaknya...

jadi...
* RALAT: OCD = OBSSESIVE COMPULSIVE DISORDER (maafkan adanya kesalahan pada penulisan di atas. Hahaha...)

tapi thx buat komennya... Hehehe... gue sendiri bukan orang yang peduli dengan proses kok, tapi HASIL AKHIRNYA gimana. Hehehe...